Malam Bermunajat Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-Amin

MALAM BERMUNAJAT (Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-Amin) Hari yang istimewa dibandingkan dengan hari-hari yang lain adalah hari jum’at, Hari Jumat merupakan hari yang paling agung dari hari-hari lainnya, hari jumat merupakan hari rayanya orang Islam. Banyak keterangan yang menjelaskan kepada kita bahwa banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan, diantaranya adalah terkabulnya doa.

Pondok Pesantran Nurul Hidayah Al-Amin mengkhususkan pada hari kamis malam jum’at baik itu santri, Ustadz-ustadzah, pengurus, pengasuh dan lain-lain setelah bakda isya’ yang dipimpin oleh Ustadz Nur Rohman serta diakhiri do’a yang di pimpin oleh Ustadz Ahmad Dawam, M. Ag., melaksanakan Dzikir serta Do’a bersama yang sudah menjadi kegiatan rutin setiap malam jum’at, semua dengan khusu’ bermunajat kepada Allah SWT dengan memohon segala yang diinginkan sehingga segera tercapai apa yang direncanakan.

Dengan kegiatan ini semua peserta melafalkan lafadz-lafadz Dzikir, Tasbih, Tahmid, Tahlil serta Takbir dengan sepenuh hati melantunkan kalimat-kalimat tersebut serta memperbanyak Shalawat Kepada Nabi Muhammad saw, doa-doa pilihan dan surat-surat pilihan. Yang paling inti adalah jamaah membaca surat dari Al-Quran yang memang sunnah dan dianjurkan dibaca pada malam Jumat. Dan sebelum itu semua, yakni sebelum dzikir dimulai, para santri dengan dibimbing langsung oleh pemimpin doa, diminta untuk mendoakan; Pimpinan Pesantren serta guru-guru di Pesantren Nurul Hidayah Al-Amin, mendoakan orang tua masing-masing serta keluarga yang telah tiada, mendoakan untuk kesuksesan didalam belajar dan sebagainya.

Sesuai dengan yang di sabdakan Nabi Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: yang artinya  “ Barangsiapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah mengucapkan sholawat kepadanya 10 kali.” (HR. Muslim no. 408).

Hari Jumat merupakan hari yang paling agung dari hari-hari lainnya, hari jumat merupakan ibunya hari-hari lain, hari jumat merupakan hari rayanya orang Islam. Banyak keterangan yang menjelaskan kepada kita bahwa banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan, diantaranya adalah terkabulnya doa.

Yang artinya “ Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim berdiri berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya, yang kami pahami, untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat).“ (Muttafaq ‘Alaih). (Red. Khomsiall).